Sabtu, 28 Februari 2009

Wajanbolic? apaan sich?

Wekeke.... emang jaman sekarang masih ada yang ga tau apa tuh makhluk yang namanya WAJANBOLIC?
Hmmm.... ya gpp seh kalo emang lom tahu beneran... oke dech kita kupas dikit tentang makhluk kondang ini ya...
Begina eh begini....mm... wajanbolic tuh seperangkat alat penguat sinyal wifi dari sumber yang lumayan jauh.... ya... kira-kira 1-2 km lah... asal LOS ya... LOS (Line of Sight/garis pandang) arti gampangnya adalah mata kita bisa ngliat langsung antena sumber wifi hotspot tanpa terhalang pepohonan kayu atau pepohonan beton alias gedung. Tapi emang sih gak cuma itu syarat bisa dapet jangkauan jauh dan bisa konek internet hotspotnya... tapi sebagai awalan itu dah cukuplah...

Naa.. perangkat itu terdiri dari Wajan atau tutup panci atau kasa nyamuk yang berbentuk parabola, kabel USB, USB wifi dan Paralon aluminium. Weis.... aneh-aneh nih... Lha emang fungsinya apaan?
Nah... wajan dan sejenisnya itu buat ngumpulin Gelombang Elektromagnetik atau sinyal wifi menuju satu titik fokus sehingga makin lebar wajan, makin banyak ngumpulin sinyal maka makin kuat sinyal yang diterima USB wifi. Nah sekalian tuh USB wifi kejawab fungsinya buat apa... nah trus paralon buat apa? Paralon ini dilapisi aluminium dibagian tertentu sebagai pengumpul sinyal agar terjadi resonansi di dalamnya, sehingga USB wifi yang letaknya berada dalam paralon beraluminium itu dapet sinyal yang nggak keluar kemana-mana jadi sinyal itu diublek-ublek di paralon itu. Nah yang terakhir adalah Kabel USB.... fungsinya jelas buat nyambungin USB wifi di atas genting tadi dengan USB di kompi kamu sehingga sinyal wifi yang diterima USB wifi itu dapat diolah oleh kompi dan akhirnya terkoneksi dah inetnya... so kamu bisa ngenet pake kompi itu.... na.. gitu critanya....
Biar nggak pusing... nih liat aja bentuk dari wajanbolik itu ya...

Tuh gambar wajanboliknya...

2 komentar:

bee mengatakan...

tapi pan kudu ada daerah Hotspot deket2 rumah yak>>>???


kalo ga pake, gw bayarain dah kalo ada yg jual tuh barang!!

Ngenet di Rumah mengatakan...

iyalah bro bee, harus ada area hotspot deket rumah kalo jauh banget ya ga nyampe powernya. biasanya kantor2 pemerintah ato cafe2 ada hotspotnya lho... coba cek bro, lumayankan dapat gretongan... :p